5 Cara Sukses Jualan Online ala BangYus

Wah sudah lama sekali ya nggak posting di mari, padahal blog ini selalu aq bayarin hosting dan domain nya tiap tahun, sayang sekali kalo nggak ditambahin info-infonya. Selama 3 tahun ini saya sedang menjalankan toko online dengan produk kacamata. Ada seorang mastah bilang kalau ingin berbisnis online yang tahan lama dan jangka panjang ya toko online. Lalu bagaimana dengan bisnis online lain seperti affiliate marketing? Itu adalah bisnis online yang berpotensi besar namun belum dapat diandalkan untuk jangka panjang. Jangka panjang yang kita bicarakan di sini adalah 10 tahun sampai 50 tahun ke depan ya gais.

Banyak teman-teman saya memulai buka toko online dengan cara dropshipping, yaitu menjual barang tanpa stok dan otomatis tanpa modal. Tapi buat saya sistem dropship itu ribet banget. Karena kita nggak punya produk, otomatis nggak tahu stok update hari ini. Selain itu, kita juga pasti nggak bisa mempunyai foto produk tersebut yang kita foto sendiri. Nah, ini mulai mengarah ke ranah trik-trik jualan online.

Sebelum saya berbagi 5 cara sukses jualan online, saya mau sharing sebentar tentang toko online optikgaul.com saya ya. Dimulai tahun 2014 waktu itu cuma stok 20 biji kacamata Spy Kenblock yang saya dapatkan import dari cina. Jualan via website toko online saja, dan penjualan cuma laku seminggu 1 kacamata hahaha. Lalu sampai sekarang saya sudah ada stok skitar 500 biji kacamata setiap bulan, dan Alhamdulillah setiap hari selalu ada order. Alhamdulillah.. sesuatu banget deh….

optikgaul

baiklah sekarang lah saatnya saya berbagi tentang 5 cara sukses jualan online. Simak baik-baik lalu coba praktekkan ya gais:

  1. Jangan dropship. Kalau kamu protes “kan nggak punya modal”, “kan belum tentu barangnya laku semua”, “bagaimana kalo nggk lau, kan rugi?”. Hey gais, we are in bussiness. Ini bukan tentang laku atau tidak laku, tapi tentang mental pengusaha kita. Justru ketakutan itulah yang seharusnya jadi motivasi kita. Biar barang nya laku maka kita musti rajin promosi lewat facebook, marketplace, instagram, dll. Bahkan tidak jarang penjualan itu terjadi dengan cara yang tidak kita sangka, yaitu penjualan secara offline. Karena adanya stok barang dagangan bisa jadi teman kita yangsedang mampir liat, trus minat pengen beli. Ya kan?
  2. Foto produk sendiri. Ini Pendting! Beberapa produk yang saya upload di web optikgaul.com terkena peringatan dari pemilik merk, karena mencomot foto mereka dari internet. Selain itu foto produk yang kita hasilkan sendiri dari kamera kita sendiri akan menjadi unik dan tidak ada yang menyamai di luar sana. Pembeli akan merasa “wah ini toko yang asli, bukan dropshippernya”. Foto asli yang kita bikin sendiri dapat kita tambahkan watermark sesuai dengan online shop kita untuk mencegah penggunaan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  3. Fast Respon. Orang indonesia masih kagok dengan yang namanya shopping cart. Walaupun di web optikgaul.com sudah ada shopping cart nya tapi tetep aja pembeli tanya-tanya lewat bbm atau watsapp. Ya dua alat itu wajib kita punya! Pilihlah smartphone yang memiliki ram minimal 2GB karena nati kita akan menampung banyak invite dan pertanyaa, juga tempat kita nyimpen foto-foto produk. Pakailah jaringan internet yang stabil dan cepat. Semua ini sangat menentukan karena berhbungan dengn “Fast respon”. Orang yang berbelanja online akan dengan cepat pindah menghubungi seller lain kalau tidak kita respon dengan cepat. Itu!
  4. Publish produk di toko online dan semua marketplace yang ada. Jujur sampai saat ini pengunjung optikgaul.com cuma 20 UV per day. Terang saja pencari kacamata di online tidak terlalu banyak. tetapi saya gunakan marketplace yang sudah ramai di Inonesia seperti bukalapak, tokopedia, olx dan lain-lain. Selain itu juga bikin social media shop di instagram dan bbm channel. Gunakan semua platform yang tersedia, dan semua itu gratis. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan!
  5. Berdoa dan Sedekah. Ini bagian terpenting dari bisnis! Berdoa akan membukakan pikiran kita dan membuka jalan turunnya rejeki dari Yang Maha Kuasa. Kita harus menyadari rejeki itu datangnya dari Allah, sedangkan kita harus menjemputnya. Sedkah dapat melipatgandakan rejeki! Bahkan Allah berjanji akan melipatgandakan rejaki hampabnya 10x lipat dari yang disedekahkan dengan ikhlas.

 

Setidaknya dengan melakukan 5 cara tadi inshaAllah kita akan mendapatkan rejeki dari jualan online secara terus-menerus sehingga dapat jadi penghasilan utama untuk menghidupi keluarga kita. Kalau kamu masih pengen tanya-tanya berkaitan online shop silahkan comment atau pm aja di facebook.com/yustiano insha Allah saya balas.

< Previous Article
Persiapan List Building
Next Article >

Leave A Response