Buah Pepino dan Manfaatnya

Buah pepino atau dalam bahasa latinnya Solanum Maricatum merupakan buah yang berasal dari Belanda, ditanam di Indonesia pada jaman penjajahan. Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencernaan,maag,sembelit dan diabetes melitus.

Dalam buah pepino mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, gula sederhana dan pottasium. Selain khasiat buah pepino untuk kesehatan, buah ini juga rasanya sangat segar (tidak asam atau terlalu manis). Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun, dengan tekstur kulit seperti terong, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.

Buah pepino banyak dibudidayakan didaerah yang dingin yang biasanya adalah dataran tinggi, misaknya di dataran tinggi Dienk Jawa Tengah dan Pujon Jawa Timur. Sebenarnya buah pepino memiliki banyak variasi bentuk dan jenis. Ada ayang berbentuk seperti mentimun kecil, ada yang bentuknya seperti tetesan air, dan ada juga yang bentuknya bulat seperti buah apel.

Di Amerika, pepino terpilih sebagai salah satu super fruit bersama buah-buahan eksotis lainnya karena kekuatan antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan. Di Cina, tanaman ini beberapa kali diteliti dan terbukti tidak memiliki efek racun bagi tubuh. Bahkan, kini tengah dikembangkan secara serius sebagai bahan baku obat sariawan dan pereda gangguan sembelit.

Di Indonesia sendiri masih kalangan tertentu saja yang mengenal atau mengkonsumsi buah pepino ini. Karena memang biasanya hanya tersedia di daerah-daerah pariwisata dan supermarket saja. Harga per kilogramnya berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000. Untuk penyimpanannya hanya tahan selama 4 hari (pada suhu ruang dan dalam kondisi dudah masak).

Jika anda penasaran dengan buah pepino dan ingin merasakan manfaat buah pepino ini, silahkan belanja di supermareket terdekat atau pasar pariwisata di daerah Kota Batu Jawa Timur, atau bisa juga di Daerah Pegunungan Dienk Jawa Tengah. (yustian)

Kata Kunci Artikel:

22 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. anistza gyna 23/09/2011 at 12:41 -

    makkasih dah bantu ak buatt karya ilmiah tentang pepino…
    makkasih yah…
    :))

  2. cristina 01/10/2011 at 15:01 -

    bagaimana mendapatkan buah pepino di pekanbaru ?

  3. PANCA OKTAVIA 10/10/2011 at 11:34 -

    pertama lihat ak pikir itu terung…ternyata rasax suegerrrr…ayo yg blm nyoba,bisa beli di puspa agro sidoarjo.murah tp penuh manfaat 🙂

  4. andi 12/10/2011 at 09:41 -

    udah pernah liat tp blm pernah coba…
    semoga bs membantu penyembuhan babeku yg udah kena stroke

  5. Harry 22/11/2011 at 17:58 -

    Terima kasih info tentang Pepino dan manfaatnya, alangkah lebih baik lagi bila di infokan cara-cara pemakaian atau penyajiannya, yah seperti minum obat gitulah misal langsung dimakan atau dijuss dulu, sehari berapa kali ???

  6. yudhianti 23/11/2011 at 14:46 -

    saya sdh prnh mencoba buahnya tp berhubung blm begitu tahu jd aneh aja rasanya tryt segudang manfaatnya.mau coba lagi

  7. Noorman Wintarsa 03/01/2012 at 07:29 -

    koreksi..
    kami memperoleh informasi bahwa buah ini berasal dari pegunungan Andes sekitar wilayah Peru dan Chili. Dibawa oleh penjajah Belanda ke Indonesia. Jadi tanama ini bukan besal dari Belanda. Trims.

  8. Yustian Maulana 04/01/2012 at 14:16 -

    Trimakasih banyak atas koreksinya ya 🙂
    sering-sering mampir ke blog saya ya..

  9. retno kuswati 18/03/2012 at 21:17 -

    mkash bnyk dan aq dah buktikan buahnya seger apalagi dibuat jus dan ditambah madu. buah ini selalu sy cari karena tidak setiap saat sy dapatkan . disamping harganya murah manfaatnya banyak.temen lain silahkan coba ok….

  10. nayya 27/03/2012 at 20:24 -

    belum prnah liat buahya niih, di Pekalongan nggak pernah liat aku,,, gimana cara mendapatkannya ???

  11. toni sagit. 26/04/2012 at 20:34 -

    Salam kenal pak Y.Maulana, buah pepino pernah saya juice, tapi baunya tdk spt melon, lebih enak dimakan segar spt melon. Mau tanya cara menanamnya bisa dari biji, dimana dapat bibitnya, maaf saya suka tanaman. Terima kasih info nya. Salam.

  12. indra bakti 04/05/2012 at 10:00 -

    Ada yang mau beli gak??

    aku ingin menjual buah pepino

  13. teo 18/05/2012 at 21:02 -

    klo d pku beli d pasar buah sudirman ada kok dsna

  14. Alris 18/06/2012 at 18:27 -

    kemaren, 17 Juni 2012 saya beli buah ini di Carrefour Blok M. Setelah diamati, menarik nih buah, eh setelah dibuat jus maknyus tenan…

  15. anis andika 13/08/2012 at 09:06 -

    aku grosir buah pepino dan petani juga,bila ada yg minat hubungi no 081333106072 di kota batu malang,harganya lebih murah dr yg lain…makasih

  16. Windarto Suwedi 19/11/2012 at 13:14 -

    Aku menanam buah ini di pot di depan rumah, tumbuh dan berbuah dengan bagus. Mudah menanamnya, merawatnya, dan keren pula penampilannya. Tinggal tancapkan batang yang sudah tua ke tanah, dia akan tumbuh…

  17. Dadang Rochidi 11/05/2013 at 19:02 -

    Untuk yang memerlukan buah Pepino segar diwilayah kota Bandung dan sekitarnya bisa menghubungi Dadang Rochidi 0811246230, 085624582331 & 081802077530

  18. muhamad Rusdi 12/09/2013 at 00:04 -

    Aku ada banyak buah pepino yang jenis ungu ..ada yang bisa bantu jual? Kontak 081229498911

  19. samsiati 18/10/2013 at 20:02 -

    di semarang per kilo 10 ribu. ada yang lebih murah kah?

  20. gunjam 16/03/2014 at 21:39 -

    ane belum pernah lihat buah sprti ini

  21. Girsang 12/06/2016 at 17:18 -

    Aku jual buah Pepino dari Berastagi Sumatra Utara kalau minat bisa hubungin saya di 0813251 88655.

Leave A Response