Articles Comments

Yustian Online » Featured, Tanaman » Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia

euphorbia

Euphorbia Si Ratu Bunga Berduri

Bunga euphorbia adalah tanaman bunga yang berasal dari Madagaskar. Bunga ini termasuk golongan kaktus. Sama halnya seperti kaktus-katus lain, euphorbia juga tumbuh subur di daerah yang panas dan kering.

Penyebaran bunga euphorbia dimulai dari Madagaskar lalu ke China dan ke Thailand. Dan sekarang sudah dapat dijumpai sampai di Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias yang cantik di kerajaannya.

Di Indonesia sendiri, binga ini bisanya digunakan sebagai border taman. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm. Bunga yang menggerombol hingga hampir menutup batangnya membuat bunga euphorbia nampak cantik. Penampilan yang sangat cantik itulah yang akhirnya menobatkan si bunga euphorbia ini menjadi “ratu bunga berduri”.

Bunga euphorbia merupakan tanaman yang sangat adaptif. Bahkan di dataran tinggi sekalipun bunga ini dapat tumbuh dengan baik.Di dataran rendah pertumbuhannya akan lebih cepat. Dengan kondisi udara yang hangat serta sinar matahari yang cukup, akan membuat tanaman ini berbunga dengan cepat. Namun, bila kondisi lingkungan tidak bersih atau banyak polusi, euphorbia akan malas bahkan tidak akan mau berbunga.

Pada musim hujan bunga yang dihasilkan lebih banyak dibanding pada musim kemarau. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan tanaman ini sekitar 75% selama kurang lebih 7 jam. Bila terlalu lama terkena sinar matahari justru akan menyebabkan pucuk-pucuknya hangus. Namun jika terlalu lembab (teduh) juga akan menyebabkan pertumbuhannya lambat dan jumlah bunga sedikit.

Untuk menanam bunga euphorbia diperlukan beberapa media seperti pakis, sekam bakar, pasir malang, cocopenat dan pupuk kompos. Pada dasarnya media tanam apa pun dapat digunakan, asalkan porositas dan drainasenya bagus.

duri euphorbia

Jika anda ingin menanam euphorbia di dalam pot plastik, sebaiknya tambahkan styrofom sebanyak seperempat dari tinggi pot. Hal ini berguna untuk sirkulasi udara dan kontrol kelebihan air sehingga media tidak terlalu lembab. Penyiraman tidak boleh terlalu berlebihan atau kurang. Pada musim hujan, siram sekali saja sehari. Dan pada musim kemarau siram dua kali (pagi dan sore).

Bunga euphorbia memiliki banyak jenis. Jadi kalau anda ingin memelihara bunga ini anda akan dibingungkan dengan banyak pilihanyang cantik. Sebaiknya, tanyakan kepada penjualnya tentang jenis, sifat dan asal-usulnya. Bunga yang bagus biasanya hanya didapat dari penjual yang mengerti dan paham tentang bunga tersebut.

Kata Kunci Artikel:

New Page 1
AMAZONER SEJATI!
Buat apa earning $10,000 kalau akun di Banned? Pelajari caranya, masuk aja dimari:

Written by

"Saat mata kita menatap masa depan, maka tak akan terasa lagi sakit atau perihnya masa lalu. Begitulah sebaliknya, saat kita meratapi dan menangisi masa lalu yang buruk, akan begitu berat untuk kita menggapai masa depan yang lebih baik"

Filed under: Featured, Tanaman · Tags: , , , , , , ,

8 Responses to "Bunga Euphorbia"

  1. JORAM KATON SARWANA says:

    BANG KALO BSA LEBIH DETAIL LAGI DARI BAWAH SAMPAI ATAS JADI MEMUASKAN KITA UNTUK MELIHAT….
    HHE

  2. anissa ce'vegetaria says:

    BENER………..

  3. aini says:

    ass,,,,tolong klasifikasikan ciri2 umum bunga euphorbia lebih rinci lagi.
    makasih,,,,

  4. aice maria paula says:

    saya sangat suka dengan tanaman hias terutama bunga dewa alias euphorbia tapi saya heran tanaman saya sangat subur tetapi tidak menghasilkan bunga yang banyak sedangkan tanah juga bagus, dan sinar matahari kena dari jam 7 pagi hinga 14 sore, apakah kurang sinar matahari sehinga susah berbunga lebat? bagaimana cara yang terbaik untuk merawatnya? terima kasih.

  5. coba di semprot menggunakan pupuk daun degan unsur K dan P tinggi. Misalnya gandasil K, atau mamigro Ungu..

  6. Harap menambahkan video pelajaran lain yang berhubungan dengan memasak jika Anda memiliki, karena saya ingin belajar lebih banyak tentang semua resep memasak.

  7. Ferry martin says:

    min,tolong di jelasin dong euphorbia yg mengandung hidrokarbon dari getahnya.mkasih min

  8. putri says:

    saya mau tanya bhasa latinnya bunga euphorbia itu apa?

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>