Articles Comments

Yustian Online » Featured, Hewan Peliharaan » Cara Merawat Anak Kucing

Cara Merawat Anak Kucing

 

anak kucing

Kebetulan saya lagi nemu anak kucing tanpa induk di dekat kantor. Kata saksi mata (teman saya) ke-enam (ya, ada enam ekor) anak kucing itu baru saja dibuang oleh pemiliknya. Dimasukin karung beras, trus di taruh begitu saja di pinggir jalan. Tega banget sih tuh orang!!!

Saya yang sedang asik ngobrol tiba-tiba mendengar anak-anak kucing itu teriak-teriak sambil berhamburan ke jalan. Kalau manusia mungkin menangis ya :-) Untung saja tidak ada mobil yang melintas waktu itu.

Saya pun langsung berlari mungutin itu kucings. Jumlahnya ada 6. Yang 4 warnanya hitam yang dua warnanya coklat. Kira-kira umurnya baru satu mingguan lah. Sebagai pecinta kucing sejati (cie ileh), hati saya langsung tergerak untuk merawatnya. Sore itu pun saya langsung bergegas nyari dot untuk kucing, eh nemunya dot buat bayi.

Dari pengalaman, anak kucing itu sangat rentan. Apalagi masalah makanan. Kalau tidak cocok, si manis bisa sakit dan mati. Jadi saya cari susu khusus untuk bayi yang mengandung kolesterum. Karena kolesterum itu merupakan zat antibodi yang juga terkandung dalam susu induk kucing. Tapi sialnya… Sudah keliling-keliling toko, apotik dan mini market, nggak nemu juga susu yang mengandung kolesterum. Pet shop pun lagi kehabisan stock.

Setelah melewati berbagai pertimbangan, akhirnya saya belikan susu SGM untuk bayi 0-6 bulan. Dan ternyata beberapa kawan memang menyarankan itu. Alhamdulillah…! Menyiapkan tempat yang hangat adalah langkah selanjtnya. Saya pakai kain hangat dimasukkan kardus yang sudah dilubangi kecil-kecil (untuk sirkulasi udara) sebagai tempat si manis tidur. Al hasil saat saya menulis artikel ini, mereka lagi tidur pulas tuh,hehe

Masalah yang belum saya pecahkan yaitu jenis makanan apa yang harus diberikan untuk anak kucing seumuran mereka. Karena saya masih ada stock Recovery (Merk dari Royal Cannin) yang notabene khusus untuk kucing sakit, jadi aku kasih aja itu. Mungkin karena aromanya yang kuat trus teksturnya yang lembut dan cair, mereka jadi suka dan makan dengan lahapnya. Mudah-mudahan tidak berpengaruh buruk ke pencernaannya ya…

Pastinya mulai besok saya akan disibukkan dengan ke-enam anak kucing yang imut-imut itu. Capek sih, tapi senang rasanya. kalau ada masukan silahkan lewat koment ya. Terima kasih teman-teman :-)

Baca juga tentang Kutu Kucing!

Kata Kunci Artikel:

New Page 1
AMAZONER SEJATI!
Buat apa earning $10,000 kalau akun di Banned? Pelajari caranya, masuk aja dimari:

Written by

"Saat mata kita menatap masa depan, maka tak akan terasa lagi sakit atau perihnya masa lalu. Begitulah sebaliknya, saat kita meratapi dan menangisi masa lalu yang buruk, akan begitu berat untuk kita menggapai masa depan yang lebih baik"

Filed under: Featured, Hewan Peliharaan · Tags: , , , , , ,

194 Responses to "Cara Merawat Anak Kucing"

  1. renny says:

    saya punya kucing baru melahirkan 3 minggu yang lalu, kucing itu saya pelihara sejak masih belum hamil ketika hamil saya beri susu dan makanan yg cukup, setelah melahrikan induk kucing itu kelihatan sangat menyanyangi anaknya tapi itu berlangsung cuma dalam 2 minggu saja setelah itu dia ndak mau lagi menyusui dan menjaga anaknya dan lebih menyedihkan lagi setelah 1 minggu melahirkan induk kucing tidak mau makan dan minum susu lagi.
    jadi apa penyebab induk kucing sya berkelakuan sperti itu?

  2. hanny purwanto says:

    Makasih ya, cerita tentang bayi-bayi kucing yang ditinggal induknya. Aku bernasib sama, ada dua bayi kucing umur satu minggu dan induknya pergi tanpa pamit. Kebetulan bayi-bayi itu lahir dirumahku, sekarang malah aku yang bertanggung jawab harus merawat.
    Semoga aku bisa….!!!!

  3. detha says:

    tolong akuu..
    ibu dari bayi-bayi kucing persia’ku matii ..
    padahal baru lahir kemarin tanggal 07 juli ’12.
    tolong sarannya doong ..
    aku bingung mampuss puss puss puss !!
    mana bayinya lucu-lucu banget ,,

    sangat butuh bantuan !

  4. detha says:

    tolong akuu..
    ibu dari bayi-bayi kucing persia’ku matii ..
    padahal baru lahir kemarin tanggal 07 juli ’12.
    tolong sarannya doong ..
    aku bingung mampuss puss puss puss !!
    mana bayinya lucu-lucu banget ,,
    sangat butuh bantuan !

  5. Jimmy says:

    hha hewan yang paling lucu sedunia menurut gw, maka dari itu wajar sekali banyak orang didunia yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing :)

  6. security services says:

    lucu2 kucingnya kalau masih kecil. kalau di ajak maen jd gemes.

  7. Armstrong Indonesia says:

    wah tega ya menelantarkan anak kucing seperti itu

  8. ricky says:

    kok ada ya yg tega buang anak kucing, pdhl mereka ga tau apa2 kasian.. saya malah lg nyari anak kucing yg bisa saya adopsi, buat nemenin di rumah biar ada tmn :) klo ada yg mau hibahkan anak kucingnya di jakarta selatan & sekitarnya tolong hub saya di 08999792448, terimakasih :)

  9. rudi says:

    Nih aku baru nemu 2 ekor anak kucing. Sebelumnya terima kasih atas cara yg dishere di atas.
    Cuman ada kurang nya. Cara pengajian nya gimana. Soal nya aku awam nih soal yg beginian

  10. artdo says:

    permisi mas,
    mau tanya
    bagaimana cara penyajian susu untuk anak kucingnya ya?
    cara meminumkanya bagaimana?
    berapa kali sehari sebaiknya?

    baru saja induk kucing saya mati tertabrak di depan rumah, anaknya 2 masih berumur kurang dari 3 minggu. mata sudah terbuka…tetapi yg pasti belum bisa makan dan harus minum asi induknya.
    trimakasih mas, nmr saya 08985050612

  11. temmeng says:

    aku juga nemu anak kucing yang dibuang 6 bayi kucing ditempat A, 3 bayi lagi ditempat B dan 1 kucing kecil umur perkiraan 1,5 bulanan. semuanya aku jadiin satu kardus besar dan semuanya rukun2 aja. aku kasih mereka yang bayi dengan susu sgm 0-6th dengan menggunakan botol kecil yang disambung dengan sedotan air mineral trus ujungnya tak kasi karet pentil. mudah2an mereka bisa bertahan. kalo satunya sdah bisa makan ikan.

  12. ayub says:

    apa gak mencret itu kucingnya dikasi susu sgm ?

  13. nessie says:

    permisi, gw baru nemu anak kucing nih , kira-kira seumuran kayak kucing yang di foto itu . ini pertama kalinya buat gw melihara kucing . boleh kasih tips gak? terima kasih .

  14. fitri yanti says:

    tolong q ank kucing ku koma karena gk sengasa adk aku menolk pintu pas tu di situ kucing q
    jd keluar drh
    kanyak mn lh
    smpai skrg masih koma dya trus mkn pun hrs d pksa
    lw setiap hari q ku paksa skt lh mult
    tolong lh aku
    pliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis yg synk na q ma kucing knp wkt ma nenek na masih
    , dan skrg dah mati cumn dya lh keturunan na
    tolong lh q pliiiiiiiiiiiiiiis
    lw tw kalian
    ne nm email q fyantilubis@yahoo.com
    rang padangsidimpuan

  15. Zulfikar hack toliz says:

    Gan.,
    aku punya kucing dua yg masih bayi., tapi aku bingung mau di kasih minum apa.!
    Aku mau belikan sgm tapi aku ngak punya uang., truss., aku terpaksa bikinin air gula., tpi aku takut jika akan sakit atau mati..,
    tolong bantuan.y dong gan.,>
    minuman untuk bayi kucing yg gampang/murah, tpi bikin sehat. :)

  16. qudrat says:

    Anak kucing dapat memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Berikan pula susu khusus untuk anak kucing. Dalam masa pertumbuhannya hindari untuk memberi susu sapi atau susu kambing karena sistem pencernaannya belum dapat mencerna dengan sempurna kandung laktosa dalam susu kambing dan susu sapi tersebut. Demikian tips dari saya. Salam sukses selalu.

  17. anggit says:

    mb. taunya gmna ya ttg umur anak kucing udh brapa minggu/bulan? soalnya kucingnya nemu di jalan

  18. Icha says:

    Hallo semuanya,

    Mw share sedikit info, semoga bermanfaat.
    SGM 1 or Bebelac boleh untuk anak kucing yg baru lahir & induknya tdk mampu/tdk mw menyusui. Tp tdk semua anak kucing cocok dgn susu tsb. Apabila tdk cocok, yg ada malah mencret.
    Lebih baik, ksh minum susu khusus kucing saja yg ada dijual di pet shop2, cthnya Kitten Milk or Cat Milk (maaf rada2 lupa namanya, hehe), tp harganya lmyn jauh beda dgn SGM 1 (kisaran harga 100rb). Susu tsb baik untuk kekebalan & kesehatan c kucing.
    Cara menyusui : ada dot khusus kucing/anak kucing yg dijual di pet shop juga. Kalau kebetulan tdk ada, bisa menggunakan semacam suntikan(tapi ga ad jarumnya loh) milimeter (maaf, ga tw namanya). Susu yg telah dibuat tsb bisa disedot menggunakan alat tsb dan nanti disuntik ke dalam mulut c kitten. Atau bisa jg menggunakan pipet plastik ( di apotik ada).
    Sekian dulu, ud mlm eh ud pagi, ngetiknya jg ud makin amburadul, hehe. Kl ad pertantaan, silahkan saja. Moga2 bisa membantu menjawab dgn bnr.

    Terima kasih n’ met tidoerrr…zzzz

  19. gemma says:

    Siang Mas, saya baru nemu anak kucing 3 ekor.sebenernya bukan nemu sih,lebih tepatnya di antar oleh anak2 tetangga yg tau saya suka kucing. Jadi ceritanya.si anak kucing ini terpisah dr induknya. Gara2 di buat mainan oleh anak2 kecil, mungkin mereka gemas ya? Waktu di itu saya udah tegur,saya udah bilang “jangan di buat mainan dulu.kasian nanti induknya nyariin”. Ternyata teguran saya engga di gubris :(. Keesokan harinya waktu saya pulang dr belanja, saya dengar suara tangisan kucing. Awalnya saya cuek, saya mikir ah paling ada induknya. Tapi koq engga berenti2,akhirnya saya cek. Dan benar saja ke 3 anak kucing itu ada di dlm kardus. Nangis kelaparan, saya bawa pulang dan beri susu (berhubung saya engga tau mau ngasih susu apa akhirnya saya kasih dancow). Eh iya usianya skitar 1bln dan sudah bisa berjalan cepat. Sesudah saya beri susu,saya bingung antara mau merawatnya atau mengembalikan ketempat dmana dia di temukan. Saya mencoba opsi kedua,dengan pikiran mungkin kalau saya kembalikan si induk bisa nemuin anaknya. Lagipula saya sudah punya 1kucing yg sudah 1th jd sahabat saya, dan dia engga suka sama kucing lain. Dia (kucing saya) sedikit trauma waktu pertama kali punya anak,6 ekor dan semua mati. Jd kalau lihat ada kucing kecil dia langsung ngambek, dan pergi :(. Kembali ke 3 anak kucing tadi. Ternyata pas saya kembalikan ketempat semula, kejadiannya sama saja. Si anak kucing jd mainan anak2, malahan sampai di bawa pulang dan di taruh di garasi. Ktnya sih, mereka memberi si anak kucing susu & nasi + ikan. Haddduuhh!!…padahal saya udah bilang kalau anak se usia ini belum makan nasi. 1malam bermalam di garasi si anak, pagi2 3 anak kucing kembali di buang sama si ibu. Dan malam harinya baru di temukan oleh tetangga saya, dia yg minta anak2 lain nganter si anak kucing ke orang yg mau merawatnya. Anak2 itu langsung ingat saya, waktu saya tau mereka bawa kucing2 itu jujur saya kaget. Saya kasian & engga tega sama 3 anak kucing itu. Tapi saya juga tau kalau kucing saya pasti bakalan marah kalau ada kucing lain di rumahnya. Tapi rasa engga tega lebih besar. Dan benar saja, kucing saya marah waktu lihat ada anak kucing itu. Dia pergi & cuma pulang kalau lapar.

  20. gemma says:

    Mas, apa kucing usia 1bln sudah bisa makan nasi & ikan?. Saya masih memberikan si pus susu dancow, dan semoga engga bermasalah dgn pencernaannya

  21. ichlas says:

    gan, ane nemu anak kitten/kucing di halaman rumah. kayaknya sih tuh kitten nglahirin di halaman rumah ane. ane tunggu2 ibunya ga nongol2, ya udah ane bawa masuk rumah, umurnya sekarang baru 1 minggu. ane mau nanya, ko pas ane mau beri dia susu dianya kagak mau. itu susu khusus buat kucing, ane beli di petshop. terus ngasih susu nya sehari berapa kali? mohon kirim bantuannya ke email ane aja gan ! ichlas_febrias@ovi.com
    thanks gan !

  22. hayzhanif says:

    Aku mau nanya nih gmn caranya ngerawat anak kucing biar ga gampang kabur kabur trs?

  23. ika mulyani says:

    saya sudah coba cara mmberikan susu pda bayi kucing mnggunakan suntikan, tp skrg yg jd msalah saya susah bgt bgasih susu tsb sma si kucing.. kpala’a gk mw diem, jd gmn donk cara agr saya bs ngsih susu tsb scra mksimal.?

  24. ilham says:

    senasib…
    Tapi kalo saya nemu 3…
    yang1 udah mati pas keetemu.. :(
    Makasih cerita.a…
    Sudah membantu kok.. :)

  25. prastyo says:

    mau tanya pet shop online dimana saya mau beli dot , tmpt saya gakda pet sop

  26. atalareza says:

    gimana nih nemuin kucing baru lahir ngga punya induknya.pengen ngurusin sih tapi dilarang orang tua gimana dong?

  27. herlina says:

    sama ni, case anak kucing yg ditinggalin emakmya. Umurnya 7 hr.
    Kalau kucing taruh di dlm kardus itu ga papa ya? Kardus tertutup?
    Trus, kalau kucing ngeong2 mulu pdhl daah dikasi makan, itu knp ya?

  28. abi says:

    Help me please,,
    Ini ada ibu kucing tdk bertanggung jawab,anaknya dibiarkan gitu aja..
    Kemaren anaknya 4 skrg tinggal 1,saya bingung msti gmn,,????
    Butuh pertolongan ini,ksh susu jg dia ga mau,,gmn donk

  29. gogo says:

    i have cat on the home.but,im can’t protectik is my cat

  30. apraz says:

    ane pecinta kucing,ada yg mau menghibahkan anak kucing buat ane adopsi ga gan?persia atau anggora,rumah ane di cikarang dan purwokerto.
    no hp ane 085.670.53.670
    thx :)

  31. Ratih Mutia Dewi says:

    TOooolong aqu,,,,aqu memelihara kucing yg dipisahin dari induknya oleh anak tetangga,kucingnya ada 4 ekor, krn aqu kasian ma kucingnya apalg kucingnya masih bayi,jd ku bwk plang,tp aku gk tau gmn cara ngasih makannya,jd qu kasih susu SGM,mmg berhasil untk bbrapa hr, tp berselang beberapa hr anak kucingnya mati 1 ekor,apa aqu salah ngasih makan anak kucing dg susu SGM? Tolong dong ksh saran biar kucing yg kupelihara bs hidup smpek dia besar…gmn crnya yaa?

  32. World-Everywhere says:

    Kucing unyu”

  33. anita septiyani says:

    kucing sya bru mlahirkn 2 mnggu yang lalu, trus skarang dya prgi ga tw kmna, n ank2 nya d tnggalin d rmah, sya bngung gimna cra nya ngasih dya susu, n susu pa yang pas bwt anak kucing usia 2 mnggu,, klo da saran tlong ksih info k nomor ni ya… (089 784 856 38), terima kasih…

  34. tesya says:

    di kasih energen gpp? :D kasian kucingnya masih kecil bgt matanya aja blm ngebuka , tp induknya uda lenyap begitu aja meninggalkan anaknya sendiri kan kasian :'(

  35. eva says:

    kemarin adalah hari yg sangat menyedihkan untu saya, suami, anak saya dan anak2 kucing saya yg jumlahnya ada 6 …kucing saya yakni induk dari kitten2 saya hilang dicuri orang yg tidak bertanggung jawab, padahal anak kucing saya baru sekitar umur 2 minggguan, saat ini saya hanya berikan susu kitten replacer, ada yg tau ga??? makanan untuk kitten seusia itu??

  36. igha says:

    Aku punya anak kucing umurnya kira-kira satu bulan.klaw liat org dia langsung marah …….!!

    Gimana yach cara menjinakkan nya soalnya dia takut orang….??

  37. andi rifaldi wawo says:

    ehem, baru baru ini saya dapat 6 kucing, warnanya orange putih smua, disimpan di box, katanya mau di buang. yang biking bingung sy mau pelihara 1, tapi kasian yg lainnya, :(

    yg biking pusing, cara kasi makannya, biasa aku kasi makan kucing tapi yg bisa jalan, tapi ini blum bisa jalan :/

    lalu soal tempat tidurnya,, solusi tempat tidur yang bagus gimana gan? kan sering pup!! bahan kain atau koran aja?

    susunya bisa susu kalengan gak? dan makanannya bisa ikan/sosis gk? krn yg ada cuman itu. (kurang modal buat beli susu SGM)

    tx postnya gan. moga moga bisa pelihara keenam kucing ini dgn baik :)
    ni klw butuh replynya gan 085242682275

  38. Alsy says:

    Lucu beud kucing ituu.. ^__^
    apa lagi yang kecil, bikin gemezz!

  39. Alsy says:

    Anak kucing itu KYEOPTTA !
    Lucu n innocent ^__^

  40. DAVOS ANWASUS says:

    Aku sekarang jg lg bingung nich…teganya org yg buang tu aanak kucing 5 ekor msh kecil” tali pusarnya sj blm lpas…sdh sminggu ak rawat tp ada 1 yg badannya kurus & lemes…anakku smpe ngamuk & nangis, dia mnta pokoknya jgn smpe ada yg mati…..ak dah coba cari indukan kucing yg br brsalin smpe ak telp dokter jg…..ada tips dadakan nggak ya biar ak bs nylametin baby” kitten itu…. thnx

  41. @Laraas28 says:

    hi guys. susu untuk kucing banyak dijual online kok coba saya search di google “growssy milk” harga cukup terjangkau karna dijual persachet 5000an tp tergantung shopnya ada yg dijual sachetan ada yg dijual perkotak. slmt mencoba! :)

  42. fairuz gabrielia says:

    aku nemu kucing yang mungkin udah berusia 4 bulan.. waktu aku pulang dirumah aku udah ada kucingnya. aku langsung ngelus lehernya tiba” dia ngikutin aku terus dan gak mau pulang ke pemiliknya,padahal pemiliknya temen deket aku sendiri. kalau dibawa sama pemiliknya dia kaya nangis. aku gak tega deh..gimana ya caranya biar dia gak nempel ke aku mulu

  43. adi says:

    saya lihat anak kucing warna hitam masih kecil banget karena tu kucing induk nya gk ada dan berada di jalanan saya bawak aja kekantor…tapi bngung mau kasih apa tu anak kucing kalau air putih kyk nya dia mau… susu biasa gak boleh ya…???? terpaksa harus dirawat nih….

  44. ayu sri rahayu says:

    assalamualaykum. kang, teh. Kemarin saya nemu kucing meong meong dalam kardus didepan salah satu gedung di kampus.
    saya minta izin satpam untuk bawa, karena kata pak satpam emang gada mamahnya itu kucing.
    pas nyampe kosan, bingung deh ngerawatnya gimana. ngasih makan apa, terus bersihinnya gimana. bawel lagi meong meong terus. kalo digendong suka nyosor pengen nyusu kaliya. ya akhirnya ditetesin pake jari dan hasilnya dikenyot2 deh jari saya.
    masih bingung harusnya ngerawat anak kucing gimana?
    infonya yah ayusrir29@gmail.com

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>