10 Hal Unik di Kota Malang

Review of:

Reviewed by:
Rating:
5
On 26/10/2016
Last modified:29/10/2016

Summary:

Halo teman-teman penghobi traveling di mana pun teman-teman berada, kali ini aku mau bahas tentang yang unik-unik dan yang enak-enak dari Kota Malang. Biar nggak salah kaprah ya, Kota Malang itu berbeda dengan Kota Batu. Lha wong pemerintahannya, walikotanya, gedung DPRD nya juga beda.

kota_malang

Jadi aku nggak akan ngasih lihat teman-teman tentang wisata populer seperti Jatim Park, Secret Zoo, Musium Satwa, dll karena sudah banyak teman-teman bloger yang bahas itu (eh, tapi kok yang dijadiin judul kota malang, hayooo!) padahal itu semua adanya di Kota Batu.

Oke kembali ke laptop (dari tadi juga masih di leptop keles). Kota malang itu kota yang dingin (dulunya) karena berada di dataran tinggi dan diapit oleh gunung-gunung seperti gunung arjuno, gunung kawi, gunung semeru, gunung butak, dll (mohon koreksi ya).

Di Kota malang banyak berdiri kampus pendidikan negeri dan swasta, makanya yang bikin Malang rame sebenarnya itu ya mahasiswa. Sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, itu semua adalah beberapa kampus raksasa yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 1000 orang, bisa bayangin nggak padetnya? Dan yang lebih menarik, letaknya tidak jauh, ini berarti kompleks hunian mahasiswa berada di areal yang tidak menyebar alis ngumpul. Karena itu lah setiap pagi, sore dan weekend jalanan kota malang bakal macet.

Apa aja sih yang unik di Kota Malang?

Buat teman-teman yang nun jauh di sana dan kepengen traveling ke kota malang, aku nggak bakal rekomendasikan!!! Tapi me WAJIB kan, hehe. Ini nih 10 hal (bisa tempat, makanan, bahasa, adat, dll) yang unik di Malang:

  1. Bakso Bakar
  2. Desa Jodipan
  3. Bahasa Walikan
  4. Bantengan
  5. Kripik Tempe
  6. Strudel
  7. Kripik Buah
  8. Wisata Pantai Selatan
  9. Es Krim Oen
  10. Aremania

Sebenarnya masih banyak lagi yang unik di Malang yang akan aku update nantinya di halaman ini. Baiklah mari aku jelaskan masing-masing dari list di atas.

1. Bakso bakar

bakso_bakarBakso bakar di malang yang paling terkenal adalah bakso bakar Pak Man, bakso bakar Trowulan dan bakso bakar Pahlawan trip. Yang paling melegenda dan sangat lama adalah bakso bakar Pak Man. Lokasi berada di tengah kota di Jl. Diponegoro No 19. Tempatnya sederhana hanya ruangan kecil di sebelah rumah, tapi jangan salah… rasa bakso bakar di sini adalah yang paling mantap menurut aku. Pembelinya nggak pernah sepi, belum buka aja udah banyak yang antri. Untuk menemukan lokasi ketiga tempat bakso bakar itu silahkan hidupin gps nya, atau cek lewat google maps ini.

2. Desa Jodipan

jodipan_malangKalau teman-teman belum tahu desa jodipan itu seperti apa, berarti ketinggalan jaman, haha (bercanda). Desa jodipan itu adalah desa warna-warni, yang penuh warna di sini bukan orangnya lho ya, tapi rumah penduduknya. Kalau kita lihat dari atas, maka akan tampak atap rumah yang berwarna warni terbentang di desa jodipan. Awalnya desa jodipan ini adalah tempat yang kumuh, berawal dari sebuah mata kuliah mahasiswa UMM yang memiliki ide membangun desa dan bekerjasama dengan perusahaan cat terkemuka, maka terjadilah desa jodipan ini.

3. Bahasa Walikan

bahawa_walikanDahulu kala pada jaman penjajahan, bahasa walikan digunakan untuk mengelabuhi mata-mata penjajah yang berasal dari pribumi. Contoh dari bahasa walikan ini adalah: ayas (saya), umak (kamu), kodew (wedok=cewek), nakam (makan), dll. Tidak semuanya hanya menggunakan kebalikan struktur kata, ada juga beberapa yang sangat tidak berkaitan dengan kata sebenarnya, seperti silup (polisi), genaro (orang), dll. Jika teman-teman tertarik untuk menemukan karya bahasa walikan ini silahkan cari outlet kaos malang.

4. Bantengan

bantenganBantengan adalah semacam kesenian tradisional yang diadakan biasanya untuk merayakan even besar seperti selamatan desa, agustusan, dan acara yang berarak-arakan. Kesenian bantengan ini menggunakan semacam barong yang berbentuk banteng, lalu sang pemakainya akan bertingkah seperti banteng dan menari. Konon katanya siapa yang memakai barong banteng ini akan menjadi kesurupan dan bisa mengamuk seperti banteng seruduk sana-seruduk sini. Bantengan masih populer di pedesaan namun sudah jarang sekali ada di kota.

5. Kripik Tempe

kripik-tempeCamilan berbahan dasar tempe ini dulunya saya pikir bukan berasal dari kota malang, eh ternyata khas malang. Terdapat centra industri kripik tempe yang sangat besar di kota malang. Kripik tempe di kota malang tersaji dalam berbagai varian rasa seperti rasa barbeque, keju, durian, original, dll. Saat ini kripik tempe sudah menjadi barang wajib untuk dijadikan oleh-oleh bagi para turis jika berkunjung di malang.

6. Strudel

malang-strudelStrudel ini adalah semacam kue ringan yang terbuat dari buah-buahan seperti apel, durian, pisang, dll. Makanan ini baru saja populer setelah Teuku Wisnu menjadi model dengan papan banner yang sangat besar mempromosikan malang strudel di jalan layang mneuju ke kota malang. Jika teman-teman datang ke malang boleh mencobanya, outlenya juga sudah banyak tersebar di dekat tempat wisata.

7. Kripik Buah

kripik_buahKripik buah adalah salah satu hasta karya kuliner fenomenal menurut saya, ketika duu melihat kripik nangka yang rasanya masih seperti nangka, kali ini kita akan disajikan kripik dari berbagai buah-buaha, seperti salak, apel, rambutan, semangka, nanas, bayam, sawi, dll. Nggak kebayang kan kalau semangka bisa jadi keripik? silahkan dicoba sendiri deh. Banyak tersebar di beberapa outlet oleh-oleh khas malang, kripik buah ini rata-rata adalah hasil home industri.

8. Wisata Pantai Selatan

pantai-segara-anakanBagian selatan malang adalah pantai denga jalur jalan raya yang saat ini belum dioperasikan yaitu jalur pantai selatan. Di bagian kelatan malang ini kita akan menemukan banyak tempat exotic yang masih sangat indah. Beberapa diantaranya adalah segara anakan pulau sempu, pantai goa cina, balekambang, mata air sumber sirah, pantai bajul mati, dll (jumlahnya ada 22 tempat lebih). Jika wisata wahana sudah terlalu mainstream maka teman-teman boleh mencoba untuk pergi ke malang bagian selatan untuk menemukan surga pantai yang sangat cantik, pasti teman-teman tidak akan menyesal.

9. Es Krim Oen

toko-oenTeman-teman bisa menikmati es krim khas jaman dulu di Toko Oen yang terletak di dekat Alun-Alun kota malang. Toko Oen adalah salah satu saksi sejarang perjuangan kota malang karena telah ada sejak 1930. Tempatnya juga sangat unik dan melegenda, perabotan, kursi, meja bahkan gelas dan piringnya seakan membawa kita berada pada jaman kolonial belanda. teman-teman bisa mencicipi es krim dan beberapa menu andalan lainnya. Harga yang ditawarkan di toko oen cukup terjangkau, mulai dari 20.000 rupiah teman-teman bisa menikmati es krim lembut dan lezat hasil dari racikan resep yang telah melegenda.

10. Aremania

aremaniaKelompok supporter bola fanatik sebaai pendukung AREMA ini telah menjadi anutan wajib bagi warga malang asli. Hampir setiap arema bertanding di stadiun kanjuruhan maka warna biru atribut arema akan melintas di setiap ruas jalanan di kota malang. Dengan mengusung slogan “Salam Satu Jiwa” aremania selalu menjadi tumpuan klub arema sebagai sumber semangat dan motivasinya. Bahkan mereka rela untuk menaikkan sendiri harga tiket nonton bola di stadiun ketika arema mengalami masalah finansial. Aremania berkata “We Grow Up, but We Never Old”

Itulah 10 hal unik yang hanya ada di Malang, semoga bisa bikin teman-teman jadi sedikit lebih tahu tentang malang. Kalau masih ada yang belum masuk, silahakn ditambahin melalui kolom komentar ya…

Pergi liburan ke malang sangatlah worted dengan segala keunikan tersebut!

Kata Kunci Artikel:

< Previous Article
Singapura Kota Pejalan Kaki
Next Article >

Leave A Response