Jangan Berhenti Belajar

jangan berhenti belajar

jangan berhenti belajar

Pada suatu sore yang tenang. Datanglah seorang pengusaha kota yang sukses dengan mengendarai mobil BMW seri 7 menelusuri jalan berdebu di sebuah desa. Lalu berhentilah BWM seri 7 itu di halaman sebuah gubuk reot sangat sederhana sekali deh pokoknya lol. lalu sesosok laki-laki berdasi dengan PDA yang ditenteng di tangan kirinya keluar dari mobil itu.

Dan, kemudian Sepasang suami istri keluar dari dalam gubuk itu dan menyambut kehadirannya dengan penuh keramahan. Ternyata dua lelaki itu adalah sahabat karib yang telah lama tidak bertemu.

Lalu di malam hari, mereka mengenang masa kecil mereka. Saat naik ke gunung, saat menggembala kambing, saat mandi di sungai, saat memancing di danau..

Setelah berbincang-bincang cukup lama, akhirnya mereka bersepakat untuk melanjutkan pertemuan mereka esok hari di danau tempat mereka kecil sering memancing bersama. Sambil memancing tentunya ๐Ÿ™‚

Keesokan harinya…Dua sahabat yang telah lama tidak bertemu sedang berbincang-bingang sambil memancing di atas perahu di tengah danau.

Si pengusaha selalu mengejek si petani. Dibilangnya “Sampai kapan kamu mau hidup miskin gini?”. Namun si petani tersenyum saja, lalu menjawab ” Hidupku sekarang sudah bahagia,Yah walu pun tidak punya mobil semewah kamu”.

Sepanjang perbincangan itu hanya berisi ejekan untuk si petani dari si pengusaha. Seakan-akan si pengusaha yang lebih hebat dari temannya petani. Mereka terus berbincang hingga tak terasa waktu sudah beranjak siang. Perut keduanya pun mulai keroncongan, dan tak satu pun ikan berhasil diperoleh. Namun mereka telah berjanji, tak akan pulang sebelum mendapat ikan.

Tetapi perut yang bernyanyi tak sanggup lagi dihentikan kecuali dengan suapan nasi. Lalu, seketika si petani berdiri. Dan berkata, “aku ambil makanan dulu ya, perutku sudah tidak kuat lagi. Kamu titp nggak?” Dengan gengsinya si pengusaha menjawab “Nggak usah deh!”. “Ya sudah kalau begitu”, jawab si petani singkat. Tiba-tiba…

Tuing…Tuing….Tuing…

beberapa saat kemudian,

Tuing…Tuing…Tuing…

Wajah si pengusaha tercengang melihat apa yang dilakukan si petani. Si petani melompat-lompat di atas permukaan air menuju ke tepi dananau, lalu melompat-lompat lagi kembali ke dalam perahu. Melihat hal itu si pengusaha kaget dan sangat kagum. Tetapi sifat gengsinya mencegah rasa ingin tahunya itu.

Lalu kegiatan memancing mereka lanjutkan. Tetapi selang beberapa saat kemudian, si pengusaha

tak sanggup menahan laparnya. Kemudian dia meminta untuk menepi. Tetapi si petani bilang “Bukankah kita sudah janji untuk tidak menepi sebelum dapat ikan? Masak pengusaha mau ingkar janji sih?!”

Lalu pengusaha menggerutu, “Perutku lapar nih!”. “Kenapa tidak loncat saja seperti aku tadi?” Jawab si petani. Si pengusaha bingung. Namun karena sifat gengsinya, dia enggan untuk bertanya BAGAIMANA CARANYA kepada si petani. Lalu akhirnya dia pun nekat melakukannya. Dan….

BYurrrrrrr……blubbb…blubbbb….

Tolooong….Tolong…..Toloooong….

Si pengusaha yang gengsian itu pun tercebur ke dalam danau dan tenggelam. Untunglah dia diselamatkan sahabatnya si petani. “Kenapa kamu terjun seperti itu?” Tanya si petani sambil menolong sahabatnya. Si pengusaha menjawab, “Terus terang, aku tidak bisa menggunakan JURUS BERJALAN DI AIR seperti kamu. Aku tidak punya ilmu sihir”

Lalu si petani tertawa terbahak-bahak!!! “Siapa yang menggunakan sihir? Itu bukan jurus berjalan di atas air, kawan!”

“Aku hanya berjalan di atas batu yang tertutup oleh permukaan air! Karena aku tahu DI MANA BATUNYA, sehingga aku bisa saja melompat dengan mudah seperti bejalan di atas air” Jawab si petani dengan tersenyum kepada sahabatnya.

Banyak orang yang pengetahuannya sangat dangkal dan tidak pernah bertambah, bukan karena mereka orang bodoh atau kuper. Tetapi mereka adalah orang-orang yang tidak mau belajar. Sikap gengsi dan takabur merupakan salah satu

penghambat kesuksesan teman-teman. Jauhilah sikap tersebut selagi kita masih ingin sukses dan berkembang.

Kebanyakan orang yang berhasil di kehidupan mereka adalah orang-orang yang sangat teachable. Mereka senantiasa belajar terhadap apa pun, siapa pun, dimana pun dan kapan pun. Hal paling sulit adalah ketika kita harus belajar kepada orang yang “kapasitasnya” lebih rendah dari kita…

Tapi percayalah, sekali teman-teman bisa melakukan hal tersebut, saya yakin teman-teman akan menjadi seorang yang berhasil dan berkembang ๐Ÿ™‚ Masih ingat dengan pepatah ini:

โ€œMalu bertanya sesat di jalanโ€. Kalau yang ini beda, “Malu bertanya, Tenggelam lah anda!โ€ ๐Ÿ™‚

Baca juaga arikel saya: Backlink Satu Arah Gratis

7 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. mochamad ridwan 12/09/2010 at 17:59 -

    Hal yang paling bodoh dan celaka bagi manusia adalah bersikap uzub, riya dan takabur. Dalam cerita anda ketiga sikap di atas ada pada Pengusaha tersebut. Allah melarang siapa saja bersikap uzub, riya maupun takabur, Allah memerintahkan manusia untuk selalu rendah hati, tidak sombong dan tidak takabur sebagaimana sikap Petani dalam cerita anda.

    Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H.
    Taqobalallahu Minna Waminkum Siyammana Wa Siyamakum , Minal A’idzin Walfa’idzin Mohon Maaf Lahir dan Batin, dihari kemenangan ini semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat kepada kita semua, serta meninggikan derajat Muslimin dan muslimat sebagaimana kita menghendaki tempat yang baik yaitu di Surga. Amiiiin Yaa Robbal ‘Alamin.

  2. akun 23/12/2010 at 15:51 -

    terima kasih atas motivasi mas yustian ,terus semangat untuk belajar
    akunblog.co.cc

  3. Yuni 10/01/2011 at 09:51 -

    Makasih, ya mas, atas motivasinya. Pas banget, nih, soalnya sy kdg2 suka trauma mau banyak nanya. Bukan malu atau gengsi, tp suka dikomentari “eeh, masa gitu aja ga tau, sih… tinggal di hutan mana?” Jdnya suka diem2 cari tahu sendiri ttg hal2 yang ingin saya ketahui…

  4. Erwin 15/01/2011 at 20:15 -

    Motivasi yang bagus hadir dari cerita yang baik. Yup, sekarang kita jangan takabur dan jangan lupa, di atas orang pintar masih banyak yang lebih pintar.

  5. gowan 18/03/2011 at 02:26 -

    Terimakasih bro..

    anda benar,hidup itu adalah pilihan.. dan saya pun memilih untuk menjadi orang yang Berhasil’..bukan nya saya berhenti belajar,tp ketika semua sudah saya rasakan beraaaaaaaaaaaatt..sy hanya beristirahat sejenak mengumpulkan kembali tenaga untuk melanjutkan kembali menggapai impian saya..saya sangat yakin Tuhan memang tidak selalu memberi apa yang saya minta,,namun Tuhan akan selalu memberi apa yang saya butuhkan..siapa yang mau jadi orang susah Bro..setidaknya saya akan selalu bersyukur,akan tetap saya lakukan yang terbaik dan menurut saya bisa..

  6. yustian 05/07/2011 at 19:24 -

    wkkk… bgus ceritanya lucu…. bgus itu di kasikan ke pengusaha2 yang sombg ma orng kecil………………

  7. nasrudin 31/07/2011 at 11:11 -

    motivasi belajar terus dan terus…
    semangat!!!
    terima kasih atas motivasinya
    ^_^

Leave A Response