Jika Mata Terkena Serangan Tomcat

Teman-teman pasti udah pada tahu ya tentang tomcat, tapi mungkin sedikit yang pernah merasakan akibat serangan tomcat yang lalu sharing di blog. Kali ini aku mau sharing masalah itu, karena memang saat ini mata lagi bengkak dan rasanya nyeri sampai ke pipi. Kejadiannya saat minggu malam aku dan istri pulang dari silaturahmi di rumah teman. Waktu nyetir motor mataku kena hewan yang orang jawa biasanya menyebut “alap-alap” atau “samber moto” yang artinya hewan kecil yang menyambar mata, haha…

serangan-tomcat

saat terkena serangan pas di mata kananku, aku berhenti dan minta istriku melihat apa masih ada hewannya di dalam mata, ternyata sudah nggak ada, jadi aman deh. Sampai di rumah langsung aku cuci pakai air dan tidur seperti biasa. Keesokan harinya seletah bangun pagi kok rasanya makin gatal nih mata, aku cuci lagi dengan air berkali-kali. siang hari pun tidak terasa sakit dengan mataku, cuma aneh aja, mungkin karena lai sibuk kerja jadi nggak ada kepikiran.

Saat sore datang baru terlihat mataku semakin merah dan pucat, wah ini ada yang nggak beres nih. Aku langsung beli obat mata di apotik, tetapi apotiknya malah menyarankan membeli pembersi mata merk y-rinse. sebelum tidur q aplikasikan deh yuh obat pembersih mata. Dan bernajak tidur…

Bangun tidur, lho kok mata nggk bisa kebuka, banyak “belek” yang mengering di pelupuk mata sehingga merekatkan kelopak mata ats dan bawah, dan rasanya sakit banget kalau dipaksa buka mata. Mau nggak mau ke toilet, basahin mata dan bisa kebuka deh mata kananku. Saat aku lihat ke kaca kamar mandi, kagetnya! bahian bawah mata malah semakin pucat, hampir mirip memar begitu, dan bagian putih mata memerah seperti orang baru nangis gitu.

Siang hari aku langsung meluncur ke Rumah Sakit UMM, kebetulan masih mahasiswa UMM kan, siapa tahu dapat diskon, hehe. Singkat cerita langsung aja ketemu dokter matanya, diperiksa pakai alat semacam lampu dan ada kameranya, jadi kita bisa lihat hasilnya bagaimana mata kita nanti, hampir seperti USG begitu lah.

Dari hasil pemeriksaan ini ternyata iritasinya sudah melebihi ambang wajar, malah sudah masuk ke wilayah infeksi, ih ngeriii.. Pas pertama diperiksa dokternya langsung bilang “itu udah kluar nanahnya”, makin ngeri kaaan….! Dokternya tanya “habis dikasih pembersih mata?”, “iya dok, pakai y rinse” jawaku, Dokternya langsung bilang, “dibuang aja ya y rinse nya, nggak boleh pakai itu malah bahaya”, wew… mampus deh..

Tapi alhamdulillah bagian mata yang berfungsi untuk penglihatan tidak bermasalah, jadi untuk infeksi hanya dibagian pinggir saja. Setelah itu dikasih obat antibiotik, antinflamasi  dan obat tetes mata yang haruditeteskan setiap 2 jam sekali. Saat aku nulis ini masih baru tetesan ke dua, haha

pelajaran yang dipetik adalah hati-hatilah dengan tomcat, karena seranganya itu seperti ranjau. Kalau teman-teman terkena serangga yang mengeluarkan cairan, maka jangan di kucek atau digosok, cucilah dengan air bersih berkali-kali. Jika serangannya di kulit badan selain daerah vital seperti mata mungkin pengobatannya lebih mudah, cukup gunakan salep hydrokerotin beli di apotik saja, tapi kalau di mata sebaiknya langsung bawa saja ke ahlinya yaitu dokter mata.

Kata Kunci Artikel:

< Previous Article
Upgrade Mimpi Kita
Next Article >

Leave A Response