Kabupaten Jember : Kota Seribu Gumuk

pantai papuma

Jember merupakan sebuah kabupaten di jawa timur. Lokasinya berdekatan dengan kabupaten Lumajang, Banyuwangi dan  Bondowoso. Secara geografis, Daerah Jember terletak  83 meter dari permukaan air laut dengan lokasi koordinat 7º59’6” – 8º33’56” Lintang Selatan dan 6º27’9”-7º14’33” Bujur Timur.

Di Kabupaten Jember terdapat banyak lokasi wisata yang menarik. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah Pantai Papuma, Watu Ulo, dan Bukit Rembangan. Selain itu masih ada Taman Wisata Bedadung, Oleng Sibutong, Taman Botani,dan lain-lain. Selain lokasi wisata tersebut, Kota Jember juga menawarkan wisata fashion yang sudah terkenal sampai luar negeri, yaitu Jember Fashion Carnifal (JFC) yang diadakan setiap tahun sekali dalam rangkaian even Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ).

Di daerah Jember banyak terdapat bukit atau gumuk. Bahkan di wilayah kota sekali pun. oleh sebab itulah Jember disebut dengan kota seribu gumuk. Saya sendiri belum melakukan akumulasi terhadap jumlah pasti gumuk di Jember, Benar ada 1000 atau tidah 🙂

Dataran wilayah Kota Jember banyak dibentuk oleh jenis tanah litosol dan regosol coklat kekuningan. Kondisi ini sangat menentukan tingkat kesuburan dan kedalaman efektif tanah, dimana tingkat kesuburan tersebut adalah berkisar di atas 90 cm. Iklim di Kota Jember adalah iklim tropis. Angka temperatur berkisar antara 23ºC – 31ºC, dengan musim kemarau terjadi pada bulan Mei sampai bulan Agustus dan musim hujan terjadi pada bulan September sampai bulan Januari. Sedangkan curah hujan cukup banyak, yakni berkisar antara 1.969 mm sampai 3.394 mm.

Mayoritas penduduk Kabupaten Jember terdiri atas Suku Jawa dan Suku Madura, dan sebagian besar beragama Islam. Selain itu terdapat warga Tionghoa dan Suku Osing. Suku Madura dominan di Jember bagian Utara dan merupakan mayoritas di sejumlah tempat. Bahasa Jawa dan Madura digunakan di banyak tempat, sehingga umum bagi masyarakat di Jember menguasai dua bahasa daerah tersebut dan juga saling pengaruh tersebut memunculkan beberapa ungkapan khas Jember.

Kota Jember memiliki perguruan tinggi negeri Universitas Negeri Jember dan Politeknik Negeri Jember. Selain itu terdapat beberapa perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Seroedji, IKIP PGRI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala. PPKIA (Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika) salah satu lembaga pendidikan luar sekolah, ada juga (PIKMI) pusat pendidkan progarm satu tahun yang berbasis komputer, (MAGISTRA UTAMA).

Jika anda ingin berkunjung di kota Jember, saya jamin anda tidak akan mengalami kesulitan transportasi. Karena Kota Jember memiliki akses stasiun dan terminal aktif. Stasiun utama adalah Stasiun Jember dan Terminal utama adalah Tawang Alun. Akses kendaraan atau kereta api dari Surabaya, Banyuwangi, Malang banyak dijumpai yang langsung mengarah ke Jember.

Kata Kunci Artikel:

< Previous Article
Bunga Euphorbia
Next Article >
Batubara Indonesia

8 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. jual beli paypal 13/07/2010 at 15:14 -

    Salam kenal, balas yah

  2. Yustian 22/07/2010 at 23:09 -

    Salam kenal juga. Trima kasih dah brkunjung ^_^

  3. kurnaini 18/05/2011 at 14:50 -

    Semoga kotaku semakin maju dan tetap terbina selalu,……………

  4. sesilia 27/01/2012 at 11:37 -

    semoga jemberku lebih bersih,indah,orangnya tambah tertib,aman selalu aku bangga padamu JEMBER….

  5. andoko 16/10/2012 at 20:56 -

    lebaran kmrn sy pulang ternyata jember sudah byk perubahan tp khususnya di kec. jombang desa padomasan jalan byk yg blm diasphalt dan lampu jalan blm ada jd klu dibandingkan dng lumajang sangat jauh sekali. mhn pemerintah jember kususnya bina marga jember tlg diperhatikan daerah kampung saya,,,, tanks

  6. ahmad roni 05/11/2012 at 10:48 -

    wahai konco2 d jember… q bangga mnjadi warga masyarakat jember,, trutama untuk kota.q tercinta ” AMBULU PUNYA “,,, jok lali yo rek mamper neng kota.q “AMBULU “… d jamin ajibbb daaahhh…..
    seng penting jogo ketertiban , ora oleh ugal-ugalan… okke..

  7. Ike Fatmawati 06/11/2012 at 01:40 -

    semoga Jember mampu menjadi kabupaten yang lebih baik, baik ditingkat pendidikan, sarpras,moral dll…
    serta mampu mengembangkan SDA dan SDM dengan Bijak.. amin ya Rabb.
    trus share tentang JEMBER ya? thanks…

  8. budil 13/12/2012 at 11:55 -

    kangen jember bnget…tunggu aku lebaran nti ya..

Leave A Response