Articles Comments

Yustian Online » Featured, Hewan Peliharaan, Kucing » Asal Usul Kucing Persia

Asal Usul Kucing Persia

Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan wajah bulat dan hidung pesek (pendek). Kucing persia merupakan ras kucing tertua, dia berasal dari dataran Persia Iran. Kucing ini pertama kali dikembang biakkan oleh seorang Inggris dan kemudian diternakkan oleh orang Amerika pada abad 19.

kucing persia

Dengan berbagai perkawinana silang dan penangkarang yang selektif, akhirnya menghasilkan kucing persia dengan berbagai jenis warna bulu. Sifat kucing persia yang tenang dan tidak “nakal” membuat kucing yang satu ini semakin populer untuk dijadikan peliharaan. Selama beberapa tahun kucing persia telah menempati popularitas yang cukup tinggi di Amerika, namun semakin lama semakin mengalami penurunan terutama di Prancis dan Britain.

Kucing persia dan kucing anggora hampir mirip. Namun pada tahun 1871 di kota London telah diadakan sebuah acara perayaan kucing yang di sana merupakan awal pembuatan standar adopsi kucing persia. Yang membedakannya dengan kucing anggora adalah bulu yang lebih lebat, ekor yang lebih panjang dan kepala yang lebih bulat dan besar. Tetapi tidak semua pecinta kucing setuju dengan hal tersebut, lantaran perbedaan antara persia dan anggora sangatlah tipis. Dalam sebuah buku yang berjudul “The Book of Cat” yang ditulis Francis Simpson menyatakan bahwa anggora dan persia tampaknya tidak ada perbedaan.

Konformasi wajah yang berbentuk bulat dengan hidung pendek ini membuat kucing persia rentan terhadap penyakit seperti sulit bernafas, penyakit mata, kesulitan melahirkan dan penyakit kulit. Untuk kucing persia modern biasanya dapat hidup sampai umur 15 tahun.

Perawatan kucing persia termasuk kelas rumit. Karena bulu mereka yang panjang sehingga sangat susah menjaga mereka agar tetap bersih. Jadi untuk membersihkannya haruslah sering dimandikan dengan jangka waktu yang benar dan dikeringkan dengan hati-hati. Mata yang selalu mengeluarkan belek memerlukan pembersihan teratur agar tidak terjadi penumpukan kerak dan terjadi pewarnaan air mata.

Jika anda ingin mengadopsi kucing persia sebaiknya persiapkan diri anda terlebih dahulu, terutama mental. Karena merawat kucing ini tidaklah mudah jika anda belum terbiasa. Yang harus anda miliki secara nmendasar adalah rasa sayang terhadap binatang berbulu panjang ini. (yus)

Kata Kunci Artikel:

New Page 1
AMAZONER SEJATI!
Buat apa earning $10,000 kalau akun di Banned? Pelajari caranya, masuk aja dimari:

Written by

"Saat mata kita menatap masa depan, maka tak akan terasa lagi sakit atau perihnya masa lalu. Begitulah sebaliknya, saat kita meratapi dan menangisi masa lalu yang buruk, akan begitu berat untuk kita menggapai masa depan yang lebih baik"

Filed under: Featured, Hewan Peliharaan, Kucing · Tags: , , , ,

5 Responses to "Asal Usul Kucing Persia"

  1. oke juga nih info nya. bermanfaat buat yg suka pelihara kucing dan para breeder :) salam kenal from a catlover

  2. andi erwin says:

    mkasih atas infonx,,,intinx hrus syng terhadap binatang peliharaan

  3. [...] Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan wajah bulat dan hidung pesek (pendek). Kucing persia merupakan ras kucing tertua, dia berasal dari dataran Persia Iran. Kucing ini pertama kali dikembang biakkan oleh seorang Inggris dan kemudian diternakkan oleh orang Amerika pada abad 19. [...]

  4. [...] Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan wajah bulat dan hidung pesek (pendek). Kucing persia merupakan ras kucing tertua, dia berasal dari dataran Persia Iran. Kucing ini pertama kali dikembang biakkan oleh seorang Inggris dan kemudian diternakkan oleh orang Amerika pada abad 19. [...]

  5. [...] Kucing persia adalah jenis kucing berambut panjang dengan wajah bulat dan hidung pesek (pendek). Kucing persia merupakan ras kucing tertua, dia berasal dari dataran Persia Iran. Kucing ini pertama kali dikembang biakkan oleh seorang Inggris dan kemudian diternakkan oleh orang Amerika pada abad 19. [...]

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>