Articles Comments

Yustian Online » Hewan Peliharaan, Kucing » Cara Menghilangkan dan Membasmi Kutu Kucing

Cara Menghilangkan dan Membasmi Kutu Kucing

Kutu kucing sering muncul pada saat anak kucing masih kecil. Halini karena kucing kecil masih belum bias membersihkan dirinya dengan baik, dan kondisi tubuh yang memungkinkan untuk perkembangbiakan kutu kucing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kutu kucing:

kutu kucing

Morfologi

  • Panjang tubuh caplak kucing 2-3 mm.
  • Merata dari sisi ke sisi.
  • Memiliki kaki yang panjang, sehingga memungkinkannya untuk melompat.
  • Memiliki sisir genal dan pronotal (ctenidia), sehingga membedakannya dari kebanyakan binatang kutu di area rumah tangga.

Siklus hidup

  • Kutu kucing melewati 4 tahap: telur, larva, kepompong, dewasa. Telur kecil dan putih.
  • Tahapan ini merupakan kombinasi yang berlainan dari dua minggu hingga delapan bulan.
  • Kutu dewasa akan bereaksi terhadap getaran binatang peliharaan atau gerakan manusia, tekanan, panas, suara, atau karbon dioksida untuk makanan darah yang potensial.
  • Kutu kucing tidak dapat menyelesaikan siklus hidupnya bila makanannya hanya darah manusia.

Pola hidup

Kutu kucing ini sering tidak dapat menentukan apakah inang yang ditinggali cocok untuknya sampai inang tersebut digigit.

Jika induk tersebut dianggap tidak cocok, kutu akan segera melompat. Sarang kutu biasanya adalah tempat peristirahatan induk, misalnya, keranjang kucing. Di sinilah tempat anak kutu beranjak dewasa.

Cara Mengatasi

Cara membasmi kutu kucing yang bias saya sarankan ke teman-teman adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Menggunakan zat kimia dari pet shop juga bisa, tapi menurut saya sangat beresiko terhadap kesehatan kucing kesayangan kita.

Menurut drh. Sutarman, M.Sc, minyak kayu putih adalah bahan alami yang sejak dahulu kala digunakan untuk membasmi hama kutu-kutuan bahkan untuk mengusir lalat dan nyamuk dengan cara disemprotkan. Nah, untuk mengusir kutu kucing, teman-teman dapat mengaplikasikan dengan cara menggunakan sisir yang dilumuri minyak kayu putih, lalu sisirkan pada bulu-bulu si manis. (by Yus)

Kata Kunci Artikel:

Banner IKLAN

Written by

"Saat mata kita menatap masa depan, maka tak akan terasa lagi sakit atau perihnya masa lalu. Begitulah sebaliknya, saat kita meratapi dan menangisi masa lalu yang buruk, akan begitu berat untuk kita menggapai masa depan yang lebih baik"

Filed under: Hewan Peliharaan, Kucing · Tags: , , ,

54 Responses to "Cara Menghilangkan dan Membasmi Kutu Kucing"

  1. beny says:

    gemana cara membasmi kutu kucing kalo ada di rumah gan???

  2. hen says:

    membasmi kutu yg ada di rumah dengan cara melumuri sisir dng kayuputih lalu sisirkan kerumah yg terjangkit kutu. udah gitu aja

  3. yani says:

    Mau tanya, kalo ntr kucingnya jilat2in tubuh, gk knapa2 tuh?

  4. anju says:

    emang rmh punya rambut ya,,,,?

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>