Menemukan Jodoh Sebagai Belahan Jiwa

Ada sebuah bait yang sering aku baca, “jika memang dirimulah tulang rusukku, kau akan kembali pada tubuh ini“. Lalu sepenggal lagu Last Child itu berbanding lurus dengan keadaanku saat ini. Penantian..

Seperti kata mas mono, kalau rejeki itu tak akan tertukar, maka begitu pula misteri Allah yang satu ini, jodoh. Jodoh pun tak akan tertukar, karena Allah telah menyiapkan untuk kita bahkan sebelum kita terlahir di bumi. Sejatinya saya berharap belahan jiwa itu segera datang dan menyatu dengan keserasian hidup saya.

Bang Ippo juga pernah bilang, kita hanya akan bersama dengan orang yang tingkatannya hampir sama dengan kita. Kalau kita orang baik-baik, maka belahan jiwa itu juga akan orang baik. begitu juga sebaliknya. Nah loe, saya jadi berpikir, saat saya ingin belahan jiwa saya adalah wanita soleh, baik akhlaknya, tekun ibadahnya, baik pergaulannya, dll maka pertanyaan yang muncul pertama adalah “Di mana saya? Siapa Saya? Setinggi apa tingkatan saya?”

Menemukan belahan jiwa adalah mimpi setiap insan di dunia ini. Kita tak pernah tahu dan memang tak pernah diberi tahu sama Allah (kecuali orang-orang yang deket saja sama Allah), tentang “siapa” jodoh dan belahan jiwa kita. Semua itu dijadikan misteri agar kita bisa semakin mendekatkan diri pada sang Khaliq. Dari berbagai sumber yang pernah saya dengar, lihat dan baca selalu mengatakan “kalau jodoh nggak akan kemana”

Terinspirasi oleh paman saya, beliau menikahi seorang perempuan yang baru dikenalnya tidak lebih dari 1 minggu. Dengan jarak rumah dan asal yang sangat jauh (paman saya di Jember-Jawa Timur dan tante saya di Solotigo-Jawa Tengah). Paman yang usianya sudah diatas 30th ternyata baru ditemukan jodohnya, dengan seserang yang belum pernah dia tahu, yang tidak disangka-sangka, dan berada diluar kemampuan kita berlogika.

Teman-teman, jika kalian berada dalam sebuah misi menemukan jodoh atau belahan jiwa untuk dijadikan mantu bapak ibu kalian, maka selamat berjuang. Keadaan kadang tak lebih baik dari yang kita harapkan, kadang pula jauh lebih indah dari yang tak pernah kita bayangkan. Urusan ini adalah misteri dari Allah, bedoalah dan mohonlah doa dari malaikat terdekat NYA untuk kita, yaitu kedua orang tua kita..

Kata Kunci Artikel:

Next Article >

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Sugie 05/11/2012 at 08:19 -

    Nice share Gan… Bagus bgt buat masukkan…

  2. obat herbal alami 10/12/2012 at 09:22 -

    setuju,tapi apa salah jika kita mengharapkan orang terdekat kita saat ini menjadi jodoh kita nanti??

Leave A Response