Pencak Silat Indonesia

silat

Pencak silat adalah sebuah kebudayaan asli Indonesia. Pencak silat juga sering dilogatkan “penjak silat”. Di Indonesia, pencak silat dinaungi dalam wadah organisasi bernama IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

IPSI merupakan penghubung dari berbagai aliran pencak silat yang beranekaragam yang ada di Indonesia. Selain itu IPSI juga sebagai organisasi induk yang mengatur regulasi pencak silat di Indonesia. Yang perlu diketahui, IPSI sendiri bukanlah merupakan perguruan atau perguruan atau bahkan perkumpulan perguruan pencak silat! Tetapi merupakan wadah dan sarana silaturahmi antar perguruan pencak silat yang ada di Indonesia.

Asal-usul dari kata pencak silat belum terbukti secara gamblang. Beberapa percaya bahwa pencak berasal dari kata Sansekerta yang berarti pancha lima, atau dari pencha cina berarti mencegah atau bias. Teori asal yang paling menonjol dari kata silat adalah ia berasal dari sekilat yang berarti “sebagai (cepat) petir”. Hal inilah yang mungkin telah digunakan untuk menggambarkan gerakan seorang prajurit sebelum akhirnya yang disingkat menjadi silat.

Sekarang ini pencak silat sudah tersebar ke berbagai negara termasuk di Eropa. Berbagai kejuaraan atau even telah digelar bahkan sudah masuk dalam salah satu cabang olah raga olimpiade. Sebagai olah raga yang juga merupakan budaya luhur bangsa Indonesia, sepatutnya kita bangga karena budaya kita telah dikenal oleh dunia.

Namun, beberapa tahun terakhir ini prestasi atlit pencak silat indonesia semakin ketinggalan dari negara lain. Misalkan saja dari vietnam dan malaysia. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu adalah sistem pembinaan yang kurang tepat.

Kalau bicara mengenai sistem, tentunya hal yang paling berkaitan adalah organisasi induknya yaitu IPSI. Dari lapisan atas jajaran pimpinan IPSI haruslah mulai memikirkan keterpurukan ini.

Hal yang paling mencolok adalah masih kentalnya aroma kolusi dan pilih kasih. Hal ini tidak lepas dari pengaruh perguruan. Tapi yah marilah kita sama-sama minimal berdoa untuk mewujudkan hubungan yang dinamis tanpa kolusi agar tercipta pencak silat Indonesia yang berprestasi.

NB: Saya mempunyai koleksi beberapa video silat, jika teman-teman tertarik silahkan kontak saya. OK 🙂

Kata Kunci Artikel:

< Previous Article
Next Article >

Leave A Response