Articles Comments

Yustian Online » Kesehatan » Penyakit Kista

Penyakit Kista

Review of: kista

Reviewed by:
Rating:
5
On 01/04/2013
Last modified:10/12/2014

Summary:

penyakit kista merupakan penyakit yang rawan bagi kaum hawa. Biasanya muncul saat kondisi setelah mempunyai keturunan.

Penyakit kista merupakan penyakit yang banyak menyerang kaum wanita. Kista sendiri merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit kista ini sebenarnya merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar. Namun berdasarkan tingkatan keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan

2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya

kista

Menurut Dr. dr. T. Z.Jacoeb, SpOG-KFER, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu.

Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudia akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.

Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, dermoid, cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana terjadinya kista. Biasanya tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista ini yang paling banyak dan justru sering mengecil sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.

Penyakit kista juga dapat dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan. Jika orang tua atau nenek anda pernah menderita penyakit kista atau mioma, maka dapat dipastikan anda termasuk salah satu keturunan pembawa sifat penyakit kista.

kista ovarium

Namun pembawa sifat bukan berarti penderita penyakit kista, anda dapat mencegah timbulnya penyakit kista dengan gaya hidup sehat. Hindari makanan-makanan berlemak tinggi, rajinlah berolah raga serta konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung antioksidan. Karena antioksidan dapat menangkal radikal bebas dari polusi debu dan udara.

Walaupun penyakit kista ini termasuk penyakit jinak, tatapi penyakit ini memiliki potensi untuk menjadi penyakit ganas. Dan apabila sudah menjadi seperti itu maka harus ditangani serius. Meskipun toh belum ganas, kista jika terplintir akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat perih.

Beberapa gejala timbulnya penyakit kista adalah rasa nyeri sewaktu haid, nyeri perut bagian bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Dan jika kista pecah, misalnya saat berhubungan seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.

UPDATE: Saat ini sudah ada cara untuk mengatasi dan mencegah penyakit kista bahkan kanker serviks. Yaitu menggunakan pembalut herbal yang mengandung antiseptik.

penyakit kista merupakan penyakit yang rawan bagi kaum hawa. Biasanya muncul saat kondisi setelah mempunyai keturunan.

Kata Kunci Artikel:

Banner IKLAN

Written by

"Saat mata kita menatap masa depan, maka tak akan terasa lagi sakit atau perihnya masa lalu. Begitulah sebaliknya, saat kita meratapi dan menangisi masa lalu yang buruk, akan begitu berat untuk kita menggapai masa depan yang lebih baik"

Filed under: Kesehatan · Tags: , , , ,

255 Responses to "Penyakit Kista"

  1. DEWI says:

    KIRA PENYAKIT KISTA DAPAT MENJADI KEMANDULAN?APAKAH PENDERITA AKAN SULIT UNTUK MMLIKI KETURUNAN?

  2. cao says:

    bagaimana dengan kista yang masih kecil, kata dokter tidak berbahaya, tapi bikin ngeri, bagaimana cara menghilangkannya..?
    apakah ada obat herbal, yang bisa mengatasinya..?

  3. arfi says:

    Saya mau tanya saat ini saya baru usia 17tahun tapi saya baru kedokter dan ternyata saya kena kista saya mau tanya apa kista menyebabkan kemandulan? Tolong jawab yah ;'(

  4. Baiq Novalia says:

    ibu saya sudah berumur > 45 tahun, beliau merasakan ada benjolan sebesar telur ayam di sekitar bagian kemaluan yg sebelah kanan. kemarin beliau periksa ke dokter kandungan dan dokter bilang itu penyakit kista. apakah ada cara penyembuhan lain selain dilakukan oprasi sist?

  5. putri says:

    Saya seorang gadis berumur 20 tahun. Saya merasakan sakit dibagian bawah perut bagian kiri. Dan siklus haid saya tidak teratur. Kalau saya haid sering pingsan karena kebanyakan darah yang keluar. Apakah itu ciri ciri kista ?

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>