Tips Memilih Jilbab Untuk Kesehatan Rambut Muslimah

Saat ini jilbab atau kerudung tidak hanya sekedar sebagai alat penutup aurat saja bagi kaum muslimah, tetapi juga sudah sebagai mode fashion. Berbagai model, bentuk dan kreasi jilbab membanjiri pasar busana muslim di Indonesia. Namun semua muslimah yang memakai jilbab rata-rata memiliki masalah yang kurang lebih sama yaitu kulit kepala gatal, berminyak, rambut terasa kering, rambut bercabang dan rontok.

Masalah-masalah itu sebenarnya dapat diatasi, berikut beberapa tips memilih jilbab untuk kesehatan rambut untuk anda:

1. Sesuaikan warna jilbab dengan aktifitas anda

Jika aktifitas anda cenderung berhubungan dengan kondisi yang panas atau di luar ruangan, hindari jilbab berwarna gelap. Pilihlah jilbab yang berwarna terang seperti putih, krem, atau kuning. Untuk anda yang aktifitasnya “indoor“, bisa memilih semua macam warna, tetapi memilih warna hitam atau gelap akan memberikan kesan rapi dan elegan bagi anda.

2. Pilih bahan yang tepat

Pada dasarnya yang harus anda lakukan adalah memilih jilbab berbahan yang ramah kepala. Pilihlah bahan yang memberikan sirkulasi udara baik, mudah menyerap keringat dan fleksible. Beberapa bahan jilbab yang umum bisa digunakan untuk berbagai aktifitas adalah katun atau kaos.

3. Pilih ukuran yang pas

Hal ini sangat penting. Selain menentukan kenyamanan anda dalam berjilbab, ukuran juga akan mempengaruhi penampilan anda. Ukuran yang terlalu kecil akan membuat anda tidak nyaman, yang terlalu besarpun akan membuat anda risih karena berali-kali membetulkan letak jilbab anda.

4. Pemilihan lapisan

Pemakain jilbab berlapis biasanya adalah untuk model-model yang resmi atau formal. Yang perlu anda perhatikan di sini, yaitu semakin tebal lapisan yang anda gunakan maka semakin kecil sirkulasi udara di rambut anda. Kata lain, rambut anda akan semakin sesak bernafas. Silahkan anda atur dengan bijak sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala juga tingkat kenyamanan yang anda inginkan.

5. Perawatan rambut

Perawatan rambut seperti keramas dengan teratur dan pemakaian konditioner harus anda lakukan rutin. usahakan untuk tidak memakai jilbab dalam kondisi rambut basah, karena hal ini akan mengyebabkan etombe di rambut anda. Keringkanlah dulu rambut anda dengan hair drayer bila anda.

Sebagai salah satu perangkat baju muslim kaum hawa, jilbab haruslah mampu memberikan rasa nyaman dan percaya diri kepada pemakainya. Selain warna, bentuk, ukuran adnda juga dapat mulai mempertimbangkan model jilbab anda. Jika anda ingin melihat macam-macam model jilbab terbaru sekarang, silahkan kunjungi butik teman saya di ButikAqilla.Com. Di sana juga menyediakan berbagai macam busana muslim mulai dari baju muslim, mukena, kerudung, baju muslim untuk anak dan dewasa, dll.

Semoga artikel ini bermanfaat. ( Yustian )

Kata Kunci Artikel:

< Previous Article

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Grosir Jilbab Tanah Abang 24/03/2012 at 09:09 -

    Artikel yang cerdas, memakai jilbab merupakan seni tersendiri. Memilih jilbab agar rambut tetap sehat tentu harus diperhatikan, agar mengenakan jilbab tetap nyaman 🙂

  2. Daleman Muslimah Aimee Inners 20/04/2013 at 13:40 -

    Assalamualaikum, Terima kasih atas tulisan ini yang sangat bermanfaat. Memakai jilbab memang harus pilih daleman yang sehat juga, seperti di Aimee Inners.

    Terima kasih kaka admin, sudah memberi ijin comment saya 🙂 Semoga admin sehat dan sukses selalu

Leave A Response